Perubahan Kebijakan Untuk Penyimpanan Pada Akun Google

Hai sobat setia RajasaNews ada info penting nih yang perlu kalian perhatikan. Info tersebut adalah hal kebijakan baru dari pihak Google.

Kami yakin sobat RajasaNews semuanya telah mendapatkan Email dari pihak Google untuk pemberitahuan kebijakan baru tersebut. Kebijakan baru dari Google ini terkait tentang tempat penyimpanan yang telah disediakan oleh pihak Google.

Berikut kutipan dari Email Tim Google terkait kebijakan barunya,

Pengguna Google yang Terhormat,

Kami ingin memberitahukan bahwa baru-baru ini kami mengumumkan kebijakan penyimpanan baru untuk Akun Google yang menggunakan Gmail, Google Drive (termasuk file Google Dokumen, Spreadsheet, Slide, Gambar, Formulir, dan Jamboard), dan/atau Google Photos. Kebijakan baru ini sesuai dengan praktik industri yang berlaku. Karena Anda sebelumnya telah menggunakan satu atau beberapa produk ini di penyimpanan Akun Google Anda, kami ingin menyampaikan kebijakan baru ini sebelum pemberlakuannya pada 1 Juni 2021. Berikut adalah ringkasannya. Harap baca artikel Pusat Bantuan kami untuk mengetahui informasi perubahan selengkapnya.

Pemberitahuan tersebut kami dapatkan pada 6 Desember 2020, di Email yang telah sobat RajasaNews dapatkan sudah dijelaskan dengan sangat rinci bagaimana dan apa saja yang harus kita lakukan untuk kebijakan tersebut.

Berikut Poin-poin penting yang perlu sobat RajasaNews perhatikan dengan cermat.

  • Jika Akun Google tidak aktif selama 2 tahun (24 Bulan) baik pada akun Gmail, Google Drive, dan Google Photos maka, pihak Google akan menghapus segala isi konten yang ada pada Akun Google Anda.
  • Bagi pelanggan Google One jika selama Anda tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan oleh pihak Google maka, Akun Google One Anda tidak akan terpengaruh dengan kebijakan baru ini.
  • Jika Akun Google Anda melebihi batas penyimpanan selama 2 tahun maka, pihak Google akan menghapus konten Anda yang ada pada Gmail, Google Drive, dan Google Photos.

Catatan: Kebijakan penyimpanan yang melebihi kuota dan tidak aktif hanya akan berlaku bagi pengguna perorangan layanan Google. Kebijakan Google Workspace, G Suite for Education, dan G Suite for Nonprofits saat ini tidak berubah.

Nah… bagi sobat RajasaNews yang Akun Google yang sudah tidak dipakai lagi (tidak aktif), sebaiknya data-data yang dianggap penting segera saja sobat backup terlebih dahulu kedalam drive yang digunakan.

Meskipun kebijakan ini berlaku mulai 1 Juni 2021, penerapan kebijakan baru ini akan dimulai paling cepat 1 Juni 2023. Dari tenggang waktu yang telah diberikan oleh pihak Google sobat RajasaNews bisa memulainya saat ini untuk memilah-milah data apa saja yang dianggap penting.

Pelajari Cara Mengelola Penyimpanan Pada Google (Sumber: Tim Google)

Demikian sobat info yang bisa kita sampaikan semoga bisa membantu sobat RajasaNews akan memahami dan mencermati kebijakan baru oleh Google yang terkait dengan Perubahan Kebijakan Untuk Penyimpanan Pada Akun Google.

Sampai jumpa kembali sobat pada info-info penting lainnya.

Categories: News