Pengertian dan Manfaat Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang Perlu Kita Ketahui

Dalam kesempatan yang sangat baik kali ini kami akan mengulas informasi terkait salah satu program dari pihak Kemdikbudristek yang saat ini WAJIB dilakukan oleh seluruh Kepala Satuan Pendidikan dan Guru yang terdaftar pada sistem pendataan Dapodik dan Emis. Adapun program yang kami maksudkan tersebut merupakan kegiatan pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

Baca Juga: Prosedur Operasional Standar Asesmen Nasional (POS AN) Tahun 2022 Bagi Peserta Didik

Pengertian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar)

Berikut ini merupakan ulasan untuk pengertian secara tentang Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang kami dapatkan berdasarkan informasi di laman pusmenjar.kemdikbud.go.id, yaitu:

Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.

Baca Juga: Pengertian Dan Instrumen Asesmen Nasional

Adapun cara dalam pengisiannya harus dilakukan secara online melalui laman resmi Kemdikbudristek di link berikut ini: https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id/login. Hasil dari Informasi yang diperoleh pada Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) adalah tentang faktor-faktor dari aspek input dan proses pembelajaran yang berpotensi mempengaruhi hasil belajar murid.

Manfaat Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar)

Berikut ini merupakan penjelasan manfaat apa yang didapatkan dari hasil pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar), antara lain:

  • Bagi Pemerintah Daerah/Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag – Dapat memperoleh potret mutu satuan pendidikan di wilayahnya yang kemudian digunakan sebagai bahan kebijakan dalam mengevaluasi sistem pendidikan.
  • Bagi Kepala Satuan Pendidikan – Dapat memperoleh potret mutu satuan pendidikan secara utuh dari input, proses dan hasil, guna peningkatan hasil mutu pendidikan.
  • Bagi Guru – Dapat mengetahui berbagai aspek pendukung suasana lingkungan belajar yang lebih komprehensif.
  • Bagi Murid – Dapat memperoleh informasi rapor dan profil satuan pendidikan.

Dengan adanya program Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) ini pihak Kemdikbudristek berharap akan dapat menciptakan suasana lingkungan belajar mengajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan. Agar dapat terwujudnya harapan dari Kemdikbudristek tersebut maka, diperlukan adanya usaha dan upaya.

Salah satu bentuk usaha dan upaya tersebut yang tak lain adalah kepala satuan pendidikan, guru maupun peserta didik WAJIB memberikan responnya agar dapat mencerminkan kondisi yang sesungguhnya untuk informasi reflektif dengan cara menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, keaktifan, serta kelengkapan dalam pengisian Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga ulasan ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita dalam memahami Pengertian dan Manfaat Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar). Aamiin..

Categories: Education