Cara Verifikasi dan Validasi NISN

Masih banyak Peserta Didik yang belum paham dan mengerti pentingnya memiliki NISN, bahkan sering kali jia mereka kalau ditanya-tanyai seputar NISN sering kali tidak tahu apa itu NISN dan apa pentingnya memiliki NISN.

Ok sobat RajasaNews postingan kali ini yang akan kita bahas adalah seputar pengertian NISN dan manfaat memiliki NISN bagi Peserta Didik. Memang sebagian besar siswa sudah tahu apa itu kepanjangan NISN, akan tetapi banyak juga siswa yang tidak memahami apa pentingnya memiliki NISN.

Agar tidak bingung kita bahas satu-persatu oke…

a. Pengertian NISN

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah kode unik pengenal identitas seorang siswa yang berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia.

NISN dikeluarkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (kemdikbud, 2020, https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/, 05 Juli 20120)

b. Manfaat NISI

Adapun manfaat Peserta Didik memiliki NISN adalah untuk dapat memudahkan mengidentifikasi setiap individu Peserta Didik secara berkesinambungan, serta juga dapat memudahkan pemetakan daerah-daerah mana saja yang perkembangan pendidikannya yang sudah berkembang atau belum di seluruh Indonesia.

Lalu bagaimanakah caranya Peserta Didik ataupun Wali Murid mengetahui apakah NISN yang dimilikinya sudah valid atau belum? Berikut pembahasannya…

Cara Verifikasi dan Validasi NISN

  1. Ketikkan di browser Anda link berikut: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/
  2. Setelah itu Anda akan di suruh memasukkan NISN, Nama Ibu Kandung, serta Kode Captcha
  3. Klik tombol Cari Data
  4. Jika berhasil, maka akan muncul Data Lengkap Anda yang terdiri dari: NISN, Nama, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, dan Status Aktif di sekolah yang Anda tempatai saat ini.

Berikut Panduan Validasi NISNnya

Langkah Kesatu – Masuk ke link ini: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/ sehingga akan tampil seperti gambar berikut.

Langkah kedua – Kemudian ketikkan NISN, Nama Ibu Kandung, dan inputkan Kode Captcha-nya sesuai dengan tampilan dilayar Anda saat itu. Seperti gambar berikut.

Langakh ketiga – Setelah diinputkan semua apa yang diminta pada form Validasi NISN, maka langkah selanjutnya Anda klik Cari Data. Sehingga akan tampil seperti gambar berikut ini.

Jika tampilan pada layar Anda sudah muncul seperti gambar diatas, maka bisa dipastikan NISN Anda sudah Valid.

Demikian sobat RajasaNews postingan yang bisa kita sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Categories: Education