Peran dan Manfaat Program Pendidikan Guru Penggerak

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas seputar informasi tentang Program Pendidikan Guru Penggerak yang mana pada saat ini Kemdikbud telah membuka kembali Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 7.

Bagi Anda yang memiliki keinginan dan bertekat untuk dapat menjadi Guru Penggerak maka untuk saat inilah kesempatan bagi Anda untuk ikut mendaftar menjadi Guru Penggerak.

Baca Juga: Apa Itu Pendidikan Guru Penggerak ?? dan Apa Tujuannya ??

Untuk itu pada ulasan artikel kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai Peran dan Manfaat Program Pendidikan Guru Penggerak bagi Pendidikan di Indonesia itu seperti apa, yuk !! silahkan Anda baca dan cermati dengan baik.

Peran Guru Penggerak

Kegiatan-kegiatan penting yang dapat dilakukan oleh Guru Penggerak diantaranya yaitu:

  1. Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya.
  2. Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.
  3. Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.
  4. Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
  5. Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah.

Pada intinya semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Guru Penggerak diharapkan dapat memberikan dampak perubahan yang baik serta dapat meningkatkan mutu dan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

Dengan adanya perubahan yang baik serta meningkatnya mutu dan kualitas proses pembelajaran yang ada di sekolah maka secara otomatis akan memberikan dampak perubahan Pendidikan yang luar biasa di Indonesia.

Manfaat Program Pendidikan Guru Penggerak

Berikut manfaat yang dapat Anda peroleh dalam mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak anta lain yaitu:

  1. Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri.
  2. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik.
  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua.
  4. Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid.
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah.

Dengan adanya berbagai manfaat dalam mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak tersebut, pemerintah telah memberikan kepercayaan dan berharap kepada semua Guru dan Tenaga Kependidikan di seluruh Indonesia supaya dapat ikut berperan dan berkontribusi dalam memajukan Pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan Anda dalam memahami Peran dan Manfaat Program Pendidikan Guru Penggerak. Terima kasih.

Categories: Education