Apa Itu Pendidikan Guru Penggerak ?? dan Apa Tujuannya ??

Akhir-akhir ini pihak Kemdikbud lagi mempersiapkan kegiatan Pendidikan Guru Penggerak yang mana kegiatan tersebut tidak kalah pentingnya dari kegiatan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Setiap kegiatan yang telah direncanakan tersebut memiliki peranan dan tujuan yang berbeda-beda, namun pada kesempatan kali ini kami hanya membahas “Apa Itu Pendidikan Guru Penggerak ?? dan Apa Tujuannya ??” baiklah mari Anda cermati penjabaran kami berikut ini.

Pendidikan Guru Penggerak dan Tujuannya

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi: pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan Pendampingan selama 6 bulan bagi calon Guru Penggerak.

Dalam proses kegiatan Pendidikan Guru Penggerak yang perlu Anda ketahui adalah bahwa selama program Pendidikan Guru Penggerak berlangsung Guru dan Tenaga Kependidikan tetap akan dapat menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Sehingga ketika Anda dalam melaksanakan kegiatan Pendidikan Guru Penggerak tidak akan mempengaruhi proses kegiatan belajar dan mengajar Anda di sekolah, meskipun demikian manajemen waktu harus benar-benar diperhatikan agar segala bentuk kegiatan yang ada dalam Pendidikan Guru Penggerak dapat dilaksanakan secara optimal.

Dengan adanya Pendidikan Guru Penggerak diharapkan bukan hanya sekedar sebagai salah satu persyaratan untuk kenaikan dalam jenjang berkarier dan kenaikan jabatan semata, namun dengan adanya Pendidikan Guru Penggerak semua Guru dan Tenaga Kependidikan dapat melakukan tugasnya secara konsisten dan selalu berikhtiar untuk dapat menciptakan perubahan budaya positif di lingkungan sekolah, lingkungan komunitas, lingkungan masyarakat, bahkan negara demi terwujudnya pendidikan yang Merdeka Belajar dan dapat membentuk Peserta Didik yang berkarakter.

Demikian penjelasan singkat yang dapat kami sampaikan semoga dapat membantu Anda untuk lebih memahami tentang “Apa Itu Pendidikan Guru Penggerak ?? dan Apa Tujuannya ??”. Terima kasih.

Categories: Education