Pengertian Dan Instrumen Asesmen Nasional

Ujian Nasional (UN) telah dihapuskan sejak tahun 2021. Sebaliknya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah mengeluarkan pedoman baru berupa evaluasi nasional atau yang dikenal dengan Asesmen Nasional (AN). Tentu saja Penilaian Nasional dimaksudkan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) serta sebagai indikator perubahan paradigma penilaian pendidikan nasional yang ada di Indonesia pada khususnya.

A. Pengertian Asesmen Nasional

Asesmen Nasional adalah program untuk menilai kualitas setiap sekolah, madrasah dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah. Kualitas satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar dasar peserta didik (keterampilan membaca dan menulis, berhitung dan karakter) serta kualitas proses belajar mengajar dan iklim belajar yang kondusif pada satuan pendidikan.

B. Instrumen Asesmen Nasional

Evaluasi Nasional (Asesmen Nasional) terdiri dari tiga instrumen, yaitu:

  • Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) – Yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid
  • Survei Karakter – Yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
  • Survei Lingkungan Belajar – yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan

C. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dilakukan untuk mengukur kemampuan membaca dan berhitung.

*) Literasi Membaca adalah sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan keterampilan individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia serta mampu berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

*) Numerasi atau Penomoran adalah kemampuan berpikir dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk memecahkan masalah sehari-hari dalam berbagai konteks yang relevan bagi individu sebagai warga negara Indonesia dan dunia.

D. Bentuk soal Asesmen Nasional

  • Pilihan Ganda
  • Pilihan Ganda Kompleks
  • Menjodohkan
  • Isian Singkat, dan
  • Uraian

Demikianlah sobat RajasaNews informasi yang bisa kita sampaikan mengenai Asesmen Nasional (AN) semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi siapa saja yang membaca artikel ini.

Categories: Education, News