Cara Untuk Verifikasi Ijazah Secara Online

Bagaimana sih sobat RajasaNews cara kita untuk mengetahui apakah ijazah yang kita miliki asli atau tidak?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara yang mudah dan praktis dalam memastikan keabsahan ijazah Anda secara online. Jadi Anda tidak perlu khawatir maupun resah mencari solusinya, ok kita langsung saja kepembahasannya sobat RajasaNews.

Ditjen Dikti Kemdikbud sudah memiliki aplikasi secara online untuk cek ijazah Anda, yang sudah kita kenal dengan Aplikasi SIVIL (Sistem Verifikasi Ijazah secara Elektronik). Dengan adanya Aplikasi SIVIL ini diharapkan memudahkan Anda untuk dapat memastikan keaslian ijazah.

Penggunaannya sangatlah mudah, berikut ini adalah langkah-langkah pengguna Aplikasi SIVIL.

Langkah Pertama – Ketikan kata SIVIL pada browser Anda, atau bisa langsung klik link berikut: https://ijazah.kemdikbud.go.id/

Sehingga akan muncul halaman web Aplikasi SIVIL seperti berikut ini.

Langkah Kedua – Anda akan disuruh mengisi inputan pada menu Formulir Verifikasi antara lain:

  1. Perguruan Tinggi
  2. Nomor Ijazah
  3. Angka pengaman dengan benar

Untuk pengisian Formulir Verifikasi seperti gambar berikut ini.

Pastikan Anda telah mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Sehingga akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini.

Apabila nomor ijazah Anda tidak terdaftar maka, silakan Anda menghubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data Anda telah dilaporkan melalui PD-DIKTI.

Langkah Ketiga – Jika Anda sudah mengisikan Perguruan Tinggi, Program Studi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar maka, langkah selanjutnya adalah klik tombol VERIFIKASI, jika data Anda ditemukan maka, akan tampil seperti gambar berikut ini.

Jika data ijazah Anda sudah detemukan dalam sitem Aplikasi SIVIL maka, bisa dipastikan ijazah Anda adalah asli.

Demikian sobat RajasaNews informasi singkat dari kami bagaimana Cara Untuk Verifikasi Ijazah Secara Online pada Aplikasi SIVIL, semoga informasi ini bisa membantu siapa saja yang telah membaca artikel ini. Sukses selalu, dan jangan lupa untuk bahagia…

Categories: Education