Tahukah Anda Apa Fungsi Dari Sertifikat Vaksinasi Covid-19?

Halo para sobat setia RajasaNews jumpa kembali dengan kita dalam pembahasan kali ini masih seputar tentang Sertifikat Vaksinasi Covid-19. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai “Cara Mudah Registrasi Vaksinasi Melalui Aplikasi PeduliLindungi” yang insyaallah pembahasan tersebut dapat membantu sobat RajasaNews untuk dapat melakukan registrasi di Aplikasi PeduliLindungi secara mandiri dengan mudah.

Baca Juga: Cara Mudah Registrasi Vaksinasi Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Dari pertanyaan sobat RajasaNews yang meyangkut Apasih Fungsi Sebenarnya Sertifikat Vaksinasi Covid-19 itu? Untuk itulah kita akan mencoba menjawab pertanyaan sobat RajasaNews tersebut pada postingan kali ini.

Masih banyak terdapat orang yang telah melakukan vaksinasi selain untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuhnya (imun) supaya kebal terhadap Virus Covid-19, dan hanya untuk mendapatkan Sertifikat Vaksinasinya saja sebabnya salah satu persyaratan untuk melakukan perjalan jauh harus memiliki Sertifikat Vaksinasi.

Mungkin karena alasan itulah banyak dari mereka berusaha mendaftarkan diri untuk melakukan vaksinasi baik yang didapat secara gratis maupun yang mandiri (berbayar). Namun harapan kita sobat RajasaNews jangan sampai gagal untuk memahaminya fungsi sebenarnya dari Sertifikat Vaksinasi Covid-19 itu sendiri.

Memang tidak salah sebagian dari sobat RajasaNews beranggapan Sertifikat Vaksinasinya itu sebagai salah satu syarat untuk melakukan perjalanan, namun hal yang terpenting bukan itu.

A. Fungsi Penting Dari Sertifikat Vaksinasi Covid-19

PertamaSertifikat Vaksinasi diberikan kepada siapapun yang telah melakukan vaksinasi, berupa bukti elektronik (soft file) saja melalui Nomor HP atau Email yang telah didaftarkan pada saat vaksinasi.

Kedua – Pada Sertifikat Vaksinasi Covid-19 akan terintegrasi dengan sistem E-HAC (Electronic – Health Alert Card), yaitu: Kartu Kewaspadaan Kesehatan yang merupakan versi modern dari kartu manual yang digunakan sebelumnya. Yang mana di dalam Sertifikat Vaksinasi terdapat QR-Code yang dapat digunakan untuk memverifikasi data.

Ketiga – Mempermudah Pemerintah dalam memantau secara cepat dan akurat sampai sejauh mana realisasi dilapangan program vaksinasi yang telah dilakukan.

B. Apakah Sertifikat Vaksinasi Perlu Untuk Dicetak?

Perlu atau tidaknya Sertifikat Vaksinasi dicetak, semua tergantung dari kebutuhan sobat masing-masing. Bagi mereka yang mencetaknya kemungkinannya supaya mempermudah saja dalam menunjukkan bukti telah melakukan vaksinasi ke aparat jika ada pemeriksaan, namun ada juga yang berfikiran bahwa Sertifikat Vaksinasi itu cukup disimpan didalam Gadget saja karena bukti tersebut adalah privasinya.

Demikian sobat setia RajasaNews informasi yang dapat kita sampaikan, semoga dapat membantu siapaun yang membaca postingan ini. Salam sehat dan jangan lupa untuk bahagia…

Categories: Education