Petunjuk Pemanfaatan Akun belajar.id Menjadi Layanan Single Sign On (SSO) SIMPKB

Berdasarkan surat keputusan Dirjen GTK Nomor: 0697/B.B5/GT.01.15/2022 yang menginformasikan tentang “Akun belajar.id sebagai SSO SIMPKB” yang inti dari surat tersebut menyatakan:

Pemanfaatan akun belajar.id dioptimalkan menjadi layanan satu akun untuk semua dengan konsep Single Sign On (SSO).

Sehingga dihimbau untuk para Guru dan Tenaga Kependidikan untuk melakukan aktivasi dan memanfaatkan akun belajar.id sebagai penunjang pembelajaran daring yang diselenggarakan oleh sekolah di masa pandemi maupun kondisi kenormalan baru.

Baca Juga: Cara Mudah Cek Akun Pembelajaran di Website Belajar.id

Program dari Kemdikbudristek berlaku saat terbit surat edaran dan akan berakhir pada Sabtu, 12 Maret 2022 yang mana akun belajar.id akan digunakan sebagai SSO SIMPKB guna menyempurnakan layanan kepada Guru dan Tenaga Kependidikan.

Petunjuk Akun belajar.id Menjadi SSO SIMPKB

Langkah Pertama – Ketik saja di browser Anda “akun simpkb” atau bisa langsung ke link berikut ini https://akun.simpkb.id/. Sehingga akan tampil gambar seperti di bawah ini.

Langkah Kedua – Untuk dapat login ke Aplikasi Akun SIMPKB gunakan surel atau SIMPKB-ID dan password yang telah terdaftar. Jika berhasil login maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Setelah Anda telah berhasil masuk kedalam Aplikasi Akun SIMPKB maka secara otomatis Anda akan langsung diarahkan ke menu Dashboard Aplikasi Akun SIMPKB-nya yang mana di dalam tersebut ada 3 menu antara lain yaitu: Dashboard, Data Personal, dan Integrasi Layanan.

Langkah Ketiga – Klik menu Integrasi Layanan setelah itu klik tombol TAUTKAN untuk mengaktifkan semua layanan yang ada pada Akun belajar.id dengan menggunakan Akun Pembelajaran yang sudah Anda miliki. Sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Jika Anda sudah berhasil mentautkan Akun belajar.id-nya yang sebelumnya ada notifikasi TIDAK TERTAUT akan berubah menjadi TERTAUT sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Jika Anda masih bingung dengan petunjukan yang telah kami berikan silahkan dicermati Panduan Kelola Data Dasar dan Integrasi Layanan di bawah ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk bagaimana Petunjuk Pemanfaatan Akun belajar.id Menjadi Layanan Single Sign On (SSO) SIMPKB semoga bisa membatu bagi siapa saja yang telah membaca artikel ini.

Categories: Education, News