Materi Seleksi Kompetensi PPPK Guru 2021

Secara umum, seleksi Kompetensi PPPK Guru jabatan fungsional tetap akan menjalankan empat jenis tes, yaitu: a). Kompetensi Teknis, b). Kompetensi Manajerial, c). Kompetensi Sosial Kultural, dan d). Wawancara.

Berdasarkan Keputusan Menpan Nomor 1127 Tahun 2021, dapat dijabarkan sebagai berikut:

A. Kompetensi Teknis

Ujian seleksi kompetensi teknis berkaitan dengan bidang teknis jabatan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan secara spesifik.

B. Kompetensi Manajerial

Ujian seleksi kompetensi manajerial untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola organisasi.

C. Kompetensi Sosial Kultural

Ujian seleksi kompetensi sosial kultural meliputi semua integritas dan manajemen diri, keteladanan dan kepeloporan, membangun budaya organisasi serta membangun karakter dan Nasionalisme pelayanan publik.

D. Wawancara

Ujian seleksi wawancara meliputi: integritas dan moralitas.

Jumlah Soal Keseluruhan Seleksi Kompetensi

Untuk jumlah soal keseluruan dalam seleksi kompetensi pada DIKTUM PERTAMA adalah sebanyak 155 butir soal dengan rinciannya sebagai berikut:

  • Untuk soal tes Kompetensi Teknis berjumlah – 100 butir soal.
  • Untuk soal tes Kompetensi Manajerial berjumlah – 25 butir soal.
  • Untuk soal tes Kompetensi Sosial Kultural berjumlah – 20 butir soal.
  • Untuk soal tes Wawancara berjumlah – 10 butir soal.

Demikianlah empat jenis tes penting yang harus dipelajari dalam seleksi Kompetensi PPPK Guru, sehingga dengan persiapan yang matang diharapkan memperoleh hasil secara optimal, semoga sukses dan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Aamiin…

Categories: Education, News