Menu

Awas! Nomophobia Menyerangmu

Author: Fetty Nurindah | Posted in | News - rajasanews.com
Mar
27
2016

 

 

Nomophobia Menyerangmu Pernah ketinggalan handphone? gimana rasanya? resah, jengkel atau gak mood seharian gara-gara gak pegang benda yang satu ini?

Kenapa ya kita jadi tergantung dengan benda yang satu ini? kalau gak nonton TV, gak main leptop, gak motoran masih bisa, tapi kalau gak pegang HP kenapa gak bisa ya?

Yup, mungkin kita udah terkena sindrom nomophopbia. Apa itu nomophobia?

 

 

 

Nomophobia adalah singkatan dari No-Mobile-Phone Phobia yaitu ketakutan dan kekawatiran ketika tidak ada handphone. Mereka yang terkena ini tidak akan bisa tenang dan cenderung resah ketika berada jauh dari handphone.

 

Orang-orang yang terkena nomophobia akan cenderng mementingkan handphonenya daripada kepentingan lain. Bangun tidur handphone, mau makan handphone, dandan pegang handphone, mau ke kamar mandi handphone bahkan ada pula yang ke kamar mandi bawa handphone. Segala aktifitas yang dilakukan selalu ada handphone.

 

23man


 

Wah ternyata kita tanpa menyadari bahwa kita sudah terkena sindrom ini yaaa. Orang-orang yang terkena sindrom ini akan berusaha sekeras mungkin untuk mengutak atik handphonenya ketika sinyal pada layar handphone hilang. Sekalipun tak ada pesan atau panggilan masuk mereka cenderung untuk tetap mengotak-atik handphone.

Bahkan ada yang lebih parah lagi jika mereka sanggup tak bawa dompet daripada tak bawa handphone.

 

Aduh duh… kelihatannya sepele ya ternyata kalau kita perhatikan kita sudah sangat tergantung dengan handphone yang kita miliki.

 

Meski demikian pastinya semua orang tak ingin terkena sindrom nomophobia. Bisa jadi mereka ketergantungan handphone karena ada faktor pemicunya. Faktor ini bisa saja terjadi karena seorang kerap kali berkomunikasi dengan rekan dan kerabatnya melalui jejaring sosial. Hubungan jarak jauh yang mengandalkan handphone atau pekerjaan yang menuntut mereka untuk selalu standby pada handphone mereka.

 

Tapi yang perlu kita sadari juga handpone yang kita miliki juga membutuhkan waktu untuk istirahat, jadi tak hanya tubuh kita saja yang memerlukan istirahat untuk menjaga kesehatan, handphone pun jika ingin awet juga harus diistirahatkan yaa…

 

 

Share This:

artikel lainnya :

Friday 15 April 2016 | News

RAJASA-kedatangan tim asesor dengan tujuan pelatihan calon asesor akreditasi pada hari Kamis (14/4) kemarin. Calon asesor…

Friday 20 May 2016 | News

Ketika kita mendengar "20 Mei" pastinya kita akan teringat dengan hari kebangkitan nasional atau biasa disingkat…

Wednesday 30 March 2016 | News

Siapa yang tak ingin dinobatkan sebagai juara kelas? atau malah dinobatkan sebagai juara kelas paralel? Bangga…

Tuesday 1 August 2017 | News

Selamat pagi para pembaca setia “Rajasa News” di awal bulan Agustus ini tidak lama lagi kita…

Perum STI Blok BB 02, Probolinggo
rajasanews@gmail.com