Alhamdulillah…. Ujian Akhir Semester Genap Telah Selesai Dilakukan

Kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Bpk dan Ibu Guru yang selama ini sangat proaktif dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya untuk mempersiapkan segala sesuatunya, demi kelancaran kegiatan Ujian Akhir Semester Genap (PAS-2) ini.

Meskipun banyak kendala dan hambatan yang terjadi, tetap semangat dan konsisten dalam bekerja. Itu semua dilakukan supaya siswa dapat melakukan ujian dengan baik dan lancar.

Selain itu kami juga sangat berterima kasih kepada seluruh siswa-siswi yang sudah berperan aktif dalam mengikuti kegiatan Ujian Akhir Semester Genap (PAS-2) ini. Alhamdulillah… sudah banyak siswa-siswi yang mampu memperoleh hasil ujian yang baik, bagi yang belum jangan pernah putus asa ya… tingkatkan terus minat belajar kalian lagi.

Selain SDM yang baik dan mumpuni, Ujian Akhir Semester Genap (PAS-2) dapat dilakukan karena adanya Aplikasi yang sangat bagus dan memadai sesuai dengan kebutuhan sekolah kami. Aplikasi CBT yang kami gunakan adalah Aplikasi ZYA CBT yang dibuat oleh Mas Achmadlutfi. Tidak ada yang bisa kami sampaikan selain beribu-ribu ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya telah membuat Aplikasi CBT yang gratis ini, sehingga dapat dipakai oleh semua instansi terutama sekolah.

Aplikasi ZYA CBT sangat kami rekomendasikan bagi sekolah-sekolah yang memiliki keterbatasan terutama masalah biaya, karena dengan aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh pemiliknya. Selain itu juga spesifikasi yang dibutuhkan dalam menjalankan Aplikasi ZYA CBT tidak perlu spesifikasi yang terlalu tinggi-tingi dan harga yang mahal.

Sebelumnya kami telah melakukan percobaan aplikasi ini ke 5 Kelas dalam 1 Jurusan yang jumlah Siswanya terdiri dari 36 Siswa, sehingga totalnya adalah 180 Siswa. Spesifikasi yang kami gunakan adalah sbb:

Spesifikasi Server Minimumya yaitu:

  • Prosesor Core 2 Duo 2.6 Ghz
  • Memori (RAM) 6 GB/DDR 3
  • SSD 120 GB

Dengan spesifikasi tersebut sudah bisa menghendel untuk 180 Siswa dengan baik dan lancar (Jaringan Lokal di sekolah).

Akan tetapi jika di sekolah anda sudah memiliki Server yang bagus, kami kira sudah bisa menghendel sampai 400 – 500 Siswa dalam sekali ujian, lumayan bukan untuk mempersingkat waktu ujian sekolah supaya tidak terlalu banyak Sesi ujiannya.

Uji coba berikutnya kami lakukan dengan mengupload Aplikasi ZYA CBT ke Hosting, supaya dapat diakses secara global melalui koneksi internet. Untuk upload ke Hosting memang ada beberapa yang harus kita perhatikan, selain keamanannya, yang perlu diperhatikan adalah apakah hosting yang kita pakai ini ada limit penggunanya atau tidak, jika ada limit kami sarankan jangan memakainya atau memaksakan diri menggunakan hosting tersebut apa lagi hosting yang gratisan, akan tetapi lebih amannya gunakannlah VPS saja.

Untuk Hosting yang kami gunakan ini alhamdulillah sudah memiliki spesifikasi yang sudah cukup untuk dapat diakses lebih dari 1000 Siswa, sebelumya kami juga koordinasikan terlebih dahulu ke pihak Hostingnya apakah bisa atau tidak jika menggunakan Hosting ini untuk digunakan ujian sekolah, memang pihak hosting lebih menyarankan ke Cloud Hosting atau ke VPS saja, karena hosting yang kami gunakan masih Shared Web Hosting.

Bukannya kita memkasakan diri untuk menggunakan Shared Web Hosting ini untuk ujian, karena belajar dari eksperimen kami di jaringan lokal dapat dilakukan dengan spesifikasi yang sudah kita sebutkan di atas tadi, insyaallah ujian bisa dilakukan dengan baik.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menggunakan Shared Web Hosting:

  1. Pilih Spesifikasi Hosting sesuai dengan kebutuhan sekolah kita.
  2. Buatlah beberapa Sesi untuk ujian dengan memperhitungkan jumlah Siswa yang ada.
  3. Hapus Daftar Ujian jika sudah selesai dilakukan supaya tidak terlalu membebani server dalam mengolah datanya.
  4. Tutuplah celah-celah yang bisa membahayakan Aplikasi yang kita upload di hosting (butuh pengetahuan khusus tentang program). Misal ubahlah Password secara berkala terutama Panel Adminnya.
  5. Aktifkan fitur SSL.
  6. Aktifkan fitur Cloudflare.
  7. Proaktif dalam pengecekan hosting untuk meminimalisir adanya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab (para cracker).

Poin yang ke-7 ini yang sering kali membuat kami resah, memang ada beberapa siswa yang sukanya usil. Akan tetapi dengan pendekatan yang kita lakukan insyaallah mereka juga menyadari. Ya…bukan hanya dari pihak internal saja yang usil, tapi pihak yang lainnya juga perlu kita waspadai.

Memang ujian online banyak tantangannya baik suka dan dukanya, ini merupakan tantangan juga buat kami bagaimana caranya ujian sekolah ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar. So… demikian info yang bisa kami sampaikan. Selamat beraktifitas kembali dalam masa transisi New Normal.