Cara Mudah Aktivasi Akun Pembelajaran Dari Kemendikbud

Hai..hai.. sobat setia RajasaNews yang selalu kita banggakan, bagaimana nih kabar kalian semuanya? Do’a kita yang terbaik buat kalian semuanya adalah semoga semua sobat setia RajasaNews selalu diberikan kesehatan baik jasmani dan rohaninya, serta jangan lupa untuk bahagia ya sobat.

Baik sobat, pada pertemuan kali kita akan membahas secara singkat, padat, dan jelas seputar bagaimana sih “Cara Mengktivasi Akun Pembelajaran Dari Kemendikbud” yang akan digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan ataupun aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Sebelum kita membahasnya tidak salahnya kita mengulas sedikit mengenai apa itu Akun Pembelajaran yang diterbitkan oleh Kemendikbud.

A. Definisi Akun Pembelajaran

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan atau aplikasi pembelajaran berbasis elektronik (Sumber: belajar.id).

Dengan adannya Akun Pembelajaran ini, harapannya dapat membantu serta mempermudah segala aktivitas kegiatan pembelajaran di sekolah dapat dilakukan kapanpun dan dimana saja tanpa harus bertatap muka, khususnya pembelajaran saat pandemi seperti saat ini yang kegiatan pembelajarannya dilakukan secara Daring (online).

B. Cara Aktivasi Akun Pembelajaran

Akun Pembelajaran dapat sobat dapat dari masing-masing Operator Satuan Pendidikan (OPS) di sekolah. Kemudian sobat akan memperoleh akun (user ID) dan akses masuk akun (password) berupa Email dan Password yang sudah di dibutkan oleh Kemendikbud.

Langkah Pertama – Buka halaman mail.google.com.

Langkah Kedua – Inputkan akun (user ID) dan password yang telah sobat dapatkan.

Langkah Ketiga – Sobat akan dimintai untuk menyetujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran, yang kemudian akan diarahkan untuk merubah (password) Akun Pembelajaran sobat untuk diaktifkan. Yang perlu diingat adalah dalam merubah (password) Akun Pembelajaran tolong dicatat dan disimpan dengan baik supaya tidak lupa akan akun sobat.

Langkah Keempat – Done. Akun Pembelajaran sobat sudah Aktif dan dapat digunakan.

Ok sobat setia RajasaNews semoga dengan adanya pembahasan kali ini, sobat akan lebih paham akan apa itu Akun Pembelajaran dan bagaimana cara untuk aktivasinya, kita rasa cukup mudah dan simpel tahap demi tahapnya, kita yakin tidak ada kata sulit jika kita mau untuk mencoba.

Sampai bertemu kembali di pembahasan yang menarik lainnya sobat setia RajasaNews, dan jangan lupa untuk share artikel-artikel kita yang menurut sobat bermanfaat bagi saudara, rekan, maupun sahabatnya.

Categories: Education