Kegiatan Belajar Dan Mengajar Dengan Google Workspace for Education

Halo semua sobat setia RajasaNews yang berbahagia, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan jiwa dan raganya ya… bahwa dengan imun yang kuat kesehatan juga akan terus terjaga sobat, untuk itu buat diri kalian selalu berbahagia.

Pada kesempatan kali ini kita akan memberikan informasi seputar aplikasi yang didirikan dari pihak Google yaitu Google Workspace for Education. Semenjak layanan G Suite berubah nama menjadi Google Workspace pada tahun lalu, telah banyak melakukan perubahan maupun perombakan besar-besaran yang telah dilakukan oleh pihak Google dalam memberikan kebijakan maupun pelayanan bagi penggunanya guna meningkatkan kualitas maupun kebutuhan saat ini yang diperlukan dengan keamanan yang juga lebih baik.

Masih banyak persepsi orang bahwa Google Workspace for Education itu sama saja dengan G Suite namun pada dasarnya G Suite itu sendiri telah berubah namanya seiring perubahan akan fungsi dan kegunaanya dalam memberikan pelayanan pada penggunanya.

Agar sobat RajasaNews lebih percaya dan kuat akan persepsinya tentang Google Workspace for Education perhatikan ringkasan quotes dan Google Workspace for Education berikut.

“Teknologi saja tidak akan cukup untuk mendongkrak mutu pendidikan, tetapi menjadi bagian terpenting untuk mewujudkannya.”

Sundar Pichai, CEO, Google

Bisa sobat perhatikan makna quotes dari CEO Google tersebut, bahwa dengan bantuan teknologi saja tidak akan pernah mencukupi akan mutu pendidikan saat ini. Dengan kata lain bahwa kebutuhan pendidikan saat ini masih belum cukup jika hanya mengandalkan teknologi yang saat ini telah digunakan, untuk itu perlu adanya perkembangan yang lebih baik lagi dalam membantu pendidikan saat ini.

Maka untuk itulah pihak Google menciptakan Google Workspace for Education sebagai salah satu solusi dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan yang dibutuhkan saat ini.

Ringkasan Google Workspace for Education

Google Workspace for Education adalah serangkaian alat dan layanan Google yang disesuaikan bagi sekolah dan homeschool untuk berkolaborasi, menyederhanakan instruksi, dan menjaga pembelajaran tetap aman. Google Workspace for Education menawarkan berbagai opsi untuk memenuhi kebutuhan organisasi Anda:

  • Google Workspace for Education Fundamentals — Menyediakan alat untuk membantu kegiatan belajar dan mengajar, seperti Classroom, Google Meet, Google Dokumen, Google Formulir, dan Google Chat.
  • Google Workspace for Education Standard (tersedia April 2021) — Alat yang sama seperti Education Fundamentals, tetapi dilengkapi fitur keamanan canggih dan kontrol administrasi yang disempurnakan.
  • Teaching and Learning Upgrade (tersedia April 2021) — Menambahkan kemampuan komunikasi video yang disempurnakan, add-on Classroom, serta berbagai fitur dan alat lainnya untuk edisi Education Fundamentals atau Education Standard milik Anda.
  • Google Workspace for Education Plus — Mencakup semua fitur dalam Education Standard dan Teaching and Learning Upgrade dengan fitur tambahan untuk layanan tertentu, seperti pelacakan kehadiran di Google Meet.

Education Fundamentals gratis untuk semua institusi yang memenuhi syarat. Education Standard, Teaching and Learning Upgrade, dan Education Plus didapatkan dengan langganan berbayar. Ringkasan tersebut diambil dari Ringkasan Google Workspace for Education.

Dari ulasan yang sudah kita bahas diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan adanya Google Workspace for Education bagi mutu pendidikan kita saat ini sangatlah membantu sekali. Bagaimana tidak saat ini pemerintah telah menggalakkan peningkatan mutu pendidikan di Indonesia melalui program yang telah dibuat Kemendikbud bersama Kominfo yang melahirkan Akun Pembelajaran melalui website di belajar.id.

Baca Juga: Cara Mudah Aktivasi Akun Pembelajaran Dari Kemendikbud

Demikian sobat setia RajasaNews informasi yang bisa kita sampaikan, semoga dengan adanya Google Workspace for Education dari Google ini bisa membantu dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Terus semangat para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk bersatu dalam memajukan mutu pendidikan di Indonesia.

Categories: Education, Technology