Tinjauan Diknas UNBK 2016

UNBK 2016 berlangsung mulai senin (4/4/2016) kemarin. Surabaya yang merupakan kota yang menggelar UNBK 100%  sempat didatangi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bpk. Anis Baswedan yang bertujuan untuk meninjau langsung pelaksanaan UNBK 2016. Dengan didampingi oleh Gubernur Jatim dan Wali Kota, bliau mendatangi beberapa sekolah yang berada di Surabaya.

Sayangnya kali ini SMK Rajasa belum berkesempatan mendapatkan tamu besar ini tapi bukan berarti SMK Rajasa tidak didatangi tamu penting lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bpk. Syaiful Rachman memantau pelaksanaan UNBK 2016 di SMK Rajasa Surabaya di hari pertama, senin (4/4/2016).

Rajasa

Rajasa

Pelaksanaan ujian yang berbasis komputer ini dibagi menjadi 3 sesi. Hal ini dikarenakan jumlah komputer tidak 100 % sama dengan jumlah siswa kelas 12 SMK Rajasa yang saat ini tengah menempuh UNBK.

3 sesi ini terbagi menjadi 4 ruang leb komputer, dengan adanya pengawas dan teknisi yang standby di dalam ruangan sedangkan untuk proktor standby di ruang kontrol.

Putri Rimba

Dengan menggunakan Handi Talkie (HT)  informasi dari ruang kontrol pun akan tetap tersampaikan ke para teknisi di setiap leb.

Sebelum pelaksanaan UNBK 2016 dimulai semua siswa harus hadir 30 menit sebelum bel, hal ini dikarenakan siswa terlebih dahulu menyimpan barang berharganya di dalam ruang kelas yang dikunci selama pelaksanaan ujian berlangsung. Siswa hanya diperkenankan membawa bulpoin dan kartu peserta saja yang mana kartu peserta ini dibagikan kepada siswa sebelum bel masuk berbunyi.

Putri Rimba

Bel akan dibunyikan sekitar jam 07.15 untuk sesi satu, kemudian siswa dipersilahkan memasuki ruang leb. Tak langsung mengerjakan soal, siswa terlebih dahulu berdoa yang dipimpin oleh petugas dari central di ruang guru. Setelah itu siswa akan dibacakan peraturan ujian oleh pengawas berlanjut mengisi daftar hadir.

"Pada jam 07.30 tepat token akan kami distribusikan kepada para teknisi yang selanjutnya para teknisi ini akan memberikan kepada siswa dengan cara menulis token di papan tulis," tambah Bpk.Ragil Suntoro selaku Proktor yang ditemui di ruang kontrol.

Durasi megerjakan soal sekitar 120 menit dimana siswa setelah selesai tidak diperkenankan langsung me-log out tetapi siswa harus mengkoreksi kembali jawabannya setelah mendapatkan intruksi barulah siswa mengklik menu selesai dan log out.

Ketika ujian telah selesai siswa harus mengumpulkan kembali nomor ujiannya, hal tersebut untuk mengantisipasi hilangnya nomor ujian jika dibawa siswa pulang.

Sampai hari kedua pelaksanaan UNBK 2016 SMK Rajasa berjalan lancar meskipun sempat mengalami eror di menit terakhir sebelum bel berbunyi di hari pertama. Hal tersebut diutarakan oleh Harianto (12 TKR 1 ) yang sempat mengalami eror di 28 menit terakhir.

"Komputer saya sempat eror namun hal tersebut cepat diatasi oleh teknisi leb, meskipun saya sempat takut karena semua soal sudah selesai saya jawab tinggal mengkoreksi kembali. Pada waktu log in lagi ternyata semua jawabannya saya sudah tersimpan," tambahnya saat ditemui sebelum bel masuk.

Meski  sempat terjadi eror di hari pertama namun hal tersebut tidak mempengaruhi siswa untuk semangat mengikuti UNBK 2016.

Putri Rimba

Ketika dimintai keterangan Bpk. Zidney selaku teknisi yang membenahi komputer menuturkan jika hal tersebut masih dalam batas wajar karena di menit-menit akhir username siswa berebut untuk log out dari sistem kompter. Namun untuk pelaksanaan UNBK hari ini, selasa (5/4/2016) sampai sesi dua semua sistem berjalan dengan baik.

Categories: News