Menu

SMK Bisa Kuliah

Author: Fetty Nurindah | Posted in | News - rajasanews.com
Mar
24
2016

 

 

Memperoleh pendidikan setinggi-tingginya adalah hak setiap individu yang salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan, hal ini tentu tak bisa dianggap sebelah mata.

Apalagi fenomena nyata yang kerap kali terjadi di masyarakat memandang jika kualitas pendidikan terlihat dari nilai ijazah.

Baru-baru ini program penjaringan mahasiswa di perguruan tinggi telah terealisasi. SNMPTN dan PMDKPN adalah salah satu bentuk jalur seleksi penerimaan mahasiswa dengan menggunakan nilai akademiknya selama menempuh pendidikan di jenjang SMA/SMK.

 

 

Beberapa waktu yang lalu SMK Rajasa telah mendaftarkan siswanya melalui jalur SNMPTN dan PMDKPN.

Pendaftaran program SNMPTN dimulai tanggal 29 Februari – 12 Maret 2016 lalu dan mulai tanggal 22 Maret – 21 April 2016 siswa sudah bisa mengunduh kartu tanda peserta SNMPTN. Sedangkan untuk program PMDKPN pendaftaran siswa dimulai tanggal 10 Februari – 19 April 2016 selanjutnya siswa harus mengirim berkas pendaftarannya ke politeknik pilihan pertama saja.

2016-03-18 11.47.11

Meski mengalami beberapa kendala sistem, hal tersebut tidak membuat para siswa untuk kehilangan niat mencoba mengikuti program ini. Justru sebaliknya banyak dari siswa yang tertarik untuk melanjutkan studynya di bangku kuliah.

Siapa bilang SMK tidak bisa melanjutkan kuliah?

Baik SMA ataupun SMK tetap bisa melanjutkan study di perguruan tinggi. Tentunya dengan melihat nilai raport dan peluang serta ilmu yang linear dengan jurusan yang akan diambil di bangku kuliah.

Tapi bukan berarti SMK kehilangan esensinya untuk terampil dan ahli pada bidangnya. Apalagi SMK menyiapkan lulusannya untuk bekerja. Masih banyak dari siswa SMK Rajasa yang memutuskan untuk langsung bekerja ketika lulus. Ada juga yang memilih kuliah di swasta dengan menyambi bekerja, karena memang orang tua merasa tak sanggup membiayayi kuliah nantinya.

Hal tersebut tak bisa dipungkiri jika memang biaya pendidikan untuk jenjang perguruan tinggi tergolong mahal. Belum lagi tugas-tugas kuliah yang harus dikumpulkan dan tentunya memerlukan biaya.

Namun siswa harus lega karena pemerintah menyediakan fasilitas bantuan kepada calon mahasiswa miskin berprestasi melalui program BIDIKMISI.

Program ini diberikan khusus untuk siswa yang tidak mampu tetapi memiliki semangat belajar untuk melanjutkan pendidikan. Dengan adanya program bantuan ini diharapkan siswa tidak takut lagi untuk memiliki impian belajar di perguruan tinggi dan mendapatkan kesempatan meningkatkan kualitas pendidikannya.

so, good luck for all

 

 

Share This:

artikel lainnya :

Monday 30 May 2016 | News

Tentunya dari kita yang pernah menempuh pendidikan di sekolah pernah pula merasakan yang namanya upacara bendera.…

Friday 27 January 2017 | News

Dalam rangka untuk memperingati "Hari Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1438 H" sekolah SMK Rajasa Surabaya menyelenggarakan…

Saturday 21 January 2017 | News

STTS pada mulanya dikenal dengan Institut Teknisi Elektro Surabaya (ITES) yang didirikan pada tanggal 1 Maret…

Saturday 8 October 2016 | News

Pada kesempatan ini OKI melaksanakan acara pemilihan Ketua OKI SMK Rajasa yang dihadiri oleh kepala sekolah,…

Perum STI Blok BB 02, Probolinggo
rajasanews@gmail.com