Panduan Instalasi Aplikasi UP UKMPPG Berbasis Domisili

Dalam rangka untuk mempersiapkan ujian UP UKMPPG berbasis Domisili (alamat dimana Anda biasa bertempat tinggal) maka dari itu persiapan yang tak kalah pentingnya selain pemberkasannya adalah mempersiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk UP UKMPPG mulai dari hardware dan softwarenya.

Baca Juga: Cara Cetak Kartu Peserta UP UKMPPG

Untuk itu dalam kesempatan kali ini kita akan membahasnya secara singkat dan jelas untuk perangkat dan aplikasi apa saja yang dibutuhkan dalam ujian UP UKMPPG berbasis Domisili.

Perangkat Keras (hardware)

  • Komputer atau Laptop dalam kondisi siap dipakai (untuk spesifikasinya pakai Prosesor Core i3-i5 dengan RAM 4GB)
  • Jaringan internet yang stabil (gunakan WiFi dan Kabel LAN)
  • Smartphone maupun kamera
  • Tripod

Perangkat Lunak (software)

  • OS Windows 10 ataupun Mac (OS pakai yang 64 Bit)
  • Aplikasi Safe Exam Browser atau file dengan nama (1_SEB_UPPPG_INSTALL_Windows.exe)
  • Aplikasi untuk RUN dari UKMPPGnya berupa file (2_MULAI_UPPPG_Windows.seb)

Setelah semua persiapan perangkat-perangkatnya sudah ada dan siap untuk digunakan barulah kita menuju ketahapan Instalasi Aplikasi UP UKMPPG Berbasis Domisili. Untuk panduannya adalah sebagai berikut:

Instalasi Aplikasi UP UKMPPG

Langkah Pertama – Kunjungi laman UKMPPG atau klik link berikut ini: https://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/

Langkah Kedua – Klik menu atau tombol Panduan UP Berbasis Domisili atau di link berikut: https://kacabenggala.uny.ac.id/upppg/. Sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Langkah Ketiga – Setelah Anda klik tombol Panduan UP Berbasis Domisili maka akan diarahkan ke sebuah web yang berisikan link/folder aplikasi-aplikasi untuk UP UKMPPGnya. Pilih link/folder Windows jika OS Anda menggunakan Windows, sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Langkah Keempat – Jika Anda sudah memilih link/folder Windows maka akan ditampilkan aplikasi-aplikasi yang terdiri dari:

  • 1_SEB_UPPPG_INSTALL_Windows.exe
  • 2_MULAI_UPPPG_Windows.seb
  • Panduan Install UP UKMPPG Domisili 2021 berupa file dokumen (.pdf)
  • Panduan Install UP UKMPPG Domisili 2021 berupa file video (.mp4)

Kita sarankan untuk membuat folder khusus untuk UP UKMPPG supaya Anda tidak bingung untuk mencari file-file yang ada kaitannya dengan UP UKMPPG. Seperti gambar di bawah ini.

Langkah Kelima – Pilih link/folder dan download file berikut ini: a). 1_SEB_UPPPG_INSTALL_Windows.exe, dan b). 2_MULAI_UPPPG_Windows.seb untuk diinstal di komputer atau laptop Anda.

Langkah Keenam – Setelah Anda selesai mendownload 2 file pada Langkah Kelima, maka langkah selanjutnya adalah instal file 1_SEB_UPPPG_INSTALL_Windows.exe dengan cara klik 2x saja file tersebut, klik next saja sampai aplikasi tersebut telah selesai diinstal. Sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini. Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihat juga di link berikut ini: kacabenggala.uny.ac.id/upppg.

Langkah Ketujuh – Setelah selesai menginstal file 1_SEB_UPPPG_INSTALL_Windows.exe, maka langkah selanjutnya adalah klik file 2_MULAI_UPPPG_Windows.seb untuk masuk ke Aplikasi UP UKMPPGnya, kemudian jika diperintahkan input Password ketikan saja upppg untuk dapat Login ke aplikasi Ujian UP UKMPPG. sehingga akan tampil seperti gambar di bawah ini.

Bagaimana sobat RajasaNews sangat mudah bukan ?? langkah demi langkah untuk Instalasi Aplikasi UP UKMPPG Berbasis Domisilinya.

Demikian sobat RajasaNews informasi yang dapat kita sampaikan semoga dapat bermanfaat dan membatu juga untuk persiapan UP UKMPPG-nya, dan kita selalu do’akan semoga berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Aamiin…

” Download Aplikasi UP UKMPPGnya dari laman resminya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan “
Categories: Education