Menu Click to open Menus
Home » News » Memperingati “Hari Lahir PANCASILA”

Memperingati “Hari Lahir PANCASILA”

(13 Views) June 1, 2017 9:46 am | Published by

Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila, segenap keluarga besar SMK Rajasa Surabaya melaksanakan kegiatan upacara bendera di halaman parkir sekolah, kegiatan ini diikuti oleh seluruh Guru dan siswa-siswi Kelas X semua jurusan. Adapun makna kegiatan upacara kali ini adalah untuk menambah wawasan bagi seluruh siswa-siswi SMK Rajasa Surabaya untuk mengerti dan memahami "PANCASILA" itu sendiri.

 

Petugas Upacara Bendera SMK Rajasa Surabaya beserta Pembinanya | Image By: rajasanews.com


 

"PANCASILA" merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sering kita sebut dengan NKRI. Sedangkan tujuan dirumuskannya "PANCASILA" adalah Pancasila oleh para pendiri negara adalah sebagai dasar negara Republik Indonesia. Hal ini sesuai apa yang telah diungkapkan oleh  Radjiman Widyodiningrat bahwa hakikat dari Pancasila adalah sebagai dasar negara. Demikian pula Muhammad Yamin,  Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno juga menyebutkan perlu adanya dasar negara Indonesia yang merdeka yaitu Pancasila.

 

Peserta Upacara Bendera yang diikuti oleh siswa-siswi SMK Rajasa Surabaya Kelas X semua jurusan | Image By: rajasanews.com


 

Peserta Upacara Bendera yang diikuti oleh siswa-siswi SMK Rajasa Surabaya Kelas X semua jurusan | Image By: rajasanews.com


 

Sedangkan manfaat utama dijadikannya "PANCASILA" sebagai dasar Negara adalah untuk memberi pedoman bagi bangsa dan negara untuk mencapai tujuannnya melalui berbagai realisasi pembangunan serta menjadi alat pemersatu, artinya Pancasila dapat mempersatukan orang dari berbagai agama, suku bangsa, ras dan golongan.

 

Dengan demikian kita sebagai warga Bagsa Indonesia seharusnya memegang teguh dan patuh terhadap "PANCASILA", agar segala perbedaan maupun keanekaragaman yang ada di Indonesia ini bersatu-padu sehingga menjadikan bangsa ini kuat, aman, dan sejahtera.

 

"Kami sebagai generasi penerus bangsa ini bertekat untuk selalu menjaga kedaulatan NKRI ini, karena kedaulatan NKRI itu adalah HARGA MATI"

"Jayalah Negriku…"

"Makmurlah Negriku…"

"Sejahteralah Negriku…"

error: