Menu Click to open Menus
Home » News » Tes Potensi Akademik (TPA) Rajasa

Tes Potensi Akademik (TPA) Rajasa

(15 Views) June 27, 2016 1:11 pm | Published by

Mengapa Tes Potensi Akademik (TPA) itu sangat penting untuk dilaksanakan disetiap sekolah? :bingung berikut penjelasnnya.

TPA (2)

 Konsultasi orang tua siswa ke petugas TPA

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah kegiatan atau proses yang dilakukan untuk menyaring siswa-siswi yang  diprediksikan untuk:

 

a. Berhasil dalam berprestasi belajarnya di jenjang yang lebih tinggi.

b. Memperkecil kemungkinan  adanya rasa stress yang dialami siswa dalam tuntutan belajar yang diterapkan di sekolah yang baru.

 

Siswa-siswi yang memiliki kemampuan berfikir yang tinggi akan memiliki proses dan strategi berfikir yang efektif dan efisien yang membuatnya lebih mudah mempelajari mata pelajaran di sekolah dan menyelesaikan persoalan, sehingga dia tidak mudah untuk mengalami kecemasan dalam belajar dan akan memiliki prestasi belajar yang lebih baik. Jadi  Tes Potensi Akademik (TPA) juga berfungsi melengkapi (komplementer) nilai UN/US.

TPA (3)

Proses Kegiatan TPA 1

TPA (4)

Proses Kegiatan TPA 2

Tes Potensi Akademik (TPA)  juga akan memberikan profil kemampuan berfikir siswa-siswi untuk (berfikir dengan bahasa, angka, atau gambar) yang dapat dipergunakan oleh guru dan sekolah untuk mengembangkan proses pembelajaran di sekolah tersebut atau membantu siswa-siswinya secara individual. Sehingga hasil dalam proses pembelajaran di sekolah akan lebih efektif dan siswa dapat belajar serta meningkatkan kemampuan berfikirnya secara optimal.

TPA (1)

Petugas TPA

Berikut struktur Tes Potensi Akademik (TPA) yang diterapkan di SMK RAJASA SURABAYA diantaranya yaitu:

 

1. Tes Verbal

2. Tes Logika

3. Tes Kuantitatif

4. Tes Kemampuan Spasial

 

Jika belum jelas atau masih bingung jangan takut atau ragu-ragu untuk bertanya kepada petugas TPA yang jaga, supaya tidak salah dalam mengerjakan Tes Potensi Akademik (TPA). Semoga berhasil dan sukses buat teman-teman yang baru bergabung di sekolah kita yang tercinta ini angel.

error: