Menu Click to open Menus
Home » News » SMK Rajasa: Pelaksanaan USBN 2017

SMK Rajasa: Pelaksanaan USBN 2017

(23 Views) March 21, 2017 11:14 am | Published by

SMK Rajasa: Pelaksanaan USBN 2017 Kegiatan USBN mungkin baru mendengar pada akhir tahun 2016 ini karena merupakan hal yang baru dalam dunia pendidikan. Bagi Anda yang tidak mengerti apa itu USBN maka akan kami jelaskan arti dari Ujian Sekolah Berbasis Nasional.

 

USBN SMK Rajasa 2017 | Image By: Rajasanews.com


 

Secara singkatnya USBN berasal dari kata Ujian Sekolah Berbasis Nasional. USBN merupakan pengganti UN 2017 nanti yang katanya akan dihilangkan dan digantikan dengan ujian yang baru.

 

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pengganti moratorium Ujian Nasional (UN). Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy saat menggelar rapat kerja bersama Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Kamis 1 Desember 2016.

 

USBN SMK Rajasa 2017 | Image By: Rajasanews.com


 

Muhadjir Effendy mengatakan bahwa persiapan USBN bisa dibilang 70%. "Kami sudah siap 70 persen, tinggal produk saja," kata Muhadjir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/11/2016). Dalam konsep USBN, jenis soal akan terdiri dari pilihan ganda dan esai. Jumlah soal pilihan ganda akan dikurangi, tidak seperti UN yang seluruhnya merupakan pilihan ganda. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mendeteksi kemampuan berpikir kritis siswa.

 

USBN nantinya bisa dilaksanakan tanpa kertas atau paperless, sehingga dapat menghemat anggaran, dan mencakup seluruh mata pelajaran dan akan memasukan konten lokal maupun titipan nasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, perbedaan pertama adalah dalam USBN akan ditambahkan materi soal berupa esai. Perbedaan kedua, materi pembuatan soal akan diserahkan kepada pemerintah provinsi untuk jenjang SMA/SMK, dan pemerintah kota/kabupaten untuk jenjang SMP.

 

USBN SMK Rajasa 2017 | Image By: Rajasanews.com


 

Namun, pemerintah pusat akan menyisipkan beberapa pertanyaan, baik berupa pilihan ganda atau essai yang berfungsi sebagai indikator standar nasional. Selama ini, materi soal UN hanya berupa pilihan ganda dan dibuat sepenuhnya oleh pemerintah pusat.

 

Kali ini SMK Rajasa Surabaya juga telah melaksanakan kegiatan USBN, kegiatan ini dimulai 20 s.d 22 Maret 2017. Kegiatan USBN sangat membantu bagi siswa untuk terbiasa dalam mengerjakan soal-soal ujian dan disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Meskipun dinilai sangat mendesak, USBN ini merupakan langkah awal untuk perkembangan di era yang serba digital. Demikian pula dunia Pendidikan sangat merespon dengan baik untuk menghadapi tantangan perkembangan di era digital ini. Semoga kegiatan USBN ini bisa menjadikan acuan yang baru didalam dunia Pendidikan untuk menghasilkan generasi yang lebih cerdas, kompeten, dan siap bersaing dengan negara lain. Aamiin…

 

"Semoga sukses kawan…, dan mendapatkan hasil USBN yang bisa diharapkan"

error: