Juara Widya Wahana Pendidikan 2016

Juara Widya Wahana Pendidikan 2016 Widya Wahana Pendidikan 2016 menobatkan SMK Rajasa sebagai juara 1 stan terbaik SMK se-Surabaya. Acara yang diadakan selama 3 hari ini memamerkan beberapa produk karya siswa berupa maket instalasi listrik, robot sensor cahaya, robot sensor jarak, kode pengaman motor, forum kampoengrajasa dan rajasanews.

 

20160521_172833

Juara Widya Wahana Pendidikan 2016 | Image By Rajasanews.com


 

Salah satu yang membuat menarik dari stan ini adalah adanya maket rumah yang tidak ditemukan di stan-stan lainnya. Maket ini merupakan betuk dari tugas akhir dari Bapak Ragil selaku guru praktek jurusan TKJ SMK Rajasa.

 

Tim yang terbentuk dalam CNA (Community Network Appliances) beranggotakan Risky, Hakim dan Rendra membuat alat yang belum pernah ada di Google. Dari uang saku kami gunakan untuk membuat alat ini. Alat yang kami namakan "Multy Controlling" karena memang alat ini bisa diguakan untuk segala macam yang berhubungan dengan arus listrik. Namun karena kami kemarin dalam acara pameran menggunakan maket (rumah) jadinya kami gunakan alat ini untuk control listrik rumah dengan cara menghubungkan dengan cellular, mouse dengan LDR (Light Dependent Resistor). Kelemahan dari alat kami ini adalah tergantung dengan sinyal.

 

20160523_130640

Juara Widya Wahana Pendidikan 2016 | Image By Rajasanews.com


 

Dalam acara ini kami sebenarnya sudah optimis menang karena melihat lawan kami yang sebelumnya sudah pernah menampilkan karyanya dan akan sangat mudah mencarinya ketika kita melakukan pencarian di Google. Berbeda dengan alat kami ini belum pernah ada di pencarian Google.

 

"Dalam pembuatan rangkaian menghabiskan dana sebesar kurang lebih Rp 300.000,- dengan tambahan alat yang di dapat dari barang-barang bekas yang telah rusak misalnya mouse, hp, relay, dll sebagai pendukung terfungsikannya alat ini,"jelas Risky, Hakim dan Rendra yang ditemui di ruang Kaprog untuk berbagi cerita kepada rajasanews mengenai pembuatan dari maket ini.

 

20160519_103439

Juara Widya Wahana Pendidikan 2016 | Image By Rajasanews.com


 

Tentunya selain maket yang dibuat, gelar Juara 1 tidak akan dinobatkan apabila tidak ada kerja sama dengan tim produk yang lain, presentator dan seluruh crew yang terlibat dari awal persiapan hingga akhirnya dinobatkan sebagai Juara 1.

 

20160521_173152

Juara Widya Wahana Pendidikan 2016 | Image By Rajasanews.com


 

well, congratulation for Rajasa and the crew, allways be success yeah… laugh

Categories: News